Pelatihan Penyimpanan Digital Siswa Sebagai Sarana Mendukung Gerakan Green ICT SMA Dan SMK Gala Juara Bekasi Utara

Adi Muhajirin, Dani Yusuf, Mukhlis ., Dwipa Handayani, Tyastuti Sri Lestari

Sari


Kehadiran internet dalam kehidupan sehari – hari telah mengubah cara hidup manusia modern. Bidang pekerjaan administrasi adalah bidang yang paling banyak mengalami perubahan. Salah satu perubahan cara kerja administrasi adalah dengan adanya konsep paperless office atau konsep kantor tanpa kertas. Sekolah sebagai sarana pendidikan dapat memanfaatkan konsep paperless office untuk menekan biaya operasional dan meningkatkan kualitas layanan informasi data siswa/i yang valid.

Objek pengabdian ini, ditujukan kepada SMA dan SMK gala juara yang belum memiliki penyimpanan berbasis digital. memberikan pelatihan kepada staff tu SMA dan SMK gala juara dalam memiliki data yang valid dan mengurangi penggunaan kertas. Pengambilan data dilakukan dengan cara studi pustaka dan observasi. SMA dan SMK Gala Juara mengalami kendala dalam perekaman data siswa yang lengkap dikarenakan kurangnya SDM yang memiliki kemampuan dalam bidang IT dan kurangnya alokasi waktu dalam menyusun laporan data mahassiwa.

Tujuan dari pengabdian ini yaitu membantu SMA dan SMK Gala Juara  meminimalisasi kesalahaan pada perekaman data siswa/i secara digital dan terintegrasi.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jabdimas.v1i2.252

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)