Meningkatkan Kualitas Siswa SMA Muhammadiyah 1 Jakarta dengan Pemanfaatan Aplikasi OpenOffice sebagai Media Pembelajaran

Kusdarnowo Hantoro, Sri Rejeki, Susi Rianti, Tri Dharma Putra

Sari


Komputer memerlukan perangkat lunak atau software baik yang bersifat close source maupun bersifat open source software. Open Source Software atau Aplikasi sumber daya terbuka merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh siapa saja secara bebas dan dapat dikembangkan oleh pelaku TI atau memperbaiki jika ditemukan kelemahan-kelemahan pada software tersebut dengan memanfaatkan kode sumber yang tersebar di internet. Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Aktivitas dilakukan di SMA 1 Muhammadiyah Jakarta Pusat. Metode pelaksanaan adalah penyuluhan dengan waktu efektif 2 (dua) hari yang dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 juni 2017, berbarengan dengan acara pesantren kilat yang diadakan di sekolah tersebut. Pembelajaran ini memberikan wawasan baru bagi siswa kelas IPS tentang pemanfaatan aplikasi OpenOffice. Antusiasme peserta dalam mengikuti penyuluhan terlihat dari banyaknya pertanyaan Siswa dalam penyuluhan berlangsung.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gagne, R. M. (1992). Learning Theori, Educational Media, and Individualized Instructions. Academy for Education Development Inc., Washington DC. Bureau of Research, 1-22.

Lineros, J. V., & Hinojosa, M. (2012). Theories of Learning and Students Development. National Forum of Teacher Educational Journal, Volume 22 No. 3.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. OpenOffice.org. (2018, March 10 February 2018). Wikipedia. Diambil kembali dari Wikipedia the Free Encyclopedia: https://en.wikipedia.org/wiki/OpenOffice.org




DOI: http://dx.doi.org/10.31599/jabdimas.v1i2.271

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 

Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (LPPMP UBJ)