Revitalisasi Pos Kamling Berbasis Komunitas Di Masa Pandemi COVID-19

Slamet Pribadi

Abstract


Dalam situasi Pandemi Covid-19 ini, Negara dan Masyarakat meletakkan harapan besar kepada Aparatur Negara yang berkaitan dengan Pencegahan Penyebaran Covid-19, khususnya TNI dan POLRI, apalagi secara tegas disebutkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar, dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Tentu saja meskipun kedua institusi tersebut sudah tepat dan sangat strategis, namun Negara dan Masyarakaat tidak bisa menggantungkan sepenuhnya kepada kedua Instansi yang dibantu oleh aparatur lainnya, karena jumlah aparatur sangat terbatas.

            Masyarakat mempunyai potensi besar untuk mengelola sendiri Sistem Keamanan Lingkungannya dengan Poskamlingnya, yang beberapa dekade yang lalu pernah menjadi ikon Pemeliharaan Kamtibmas, oleh karenanya Pemerintah dan Masyarakat perlu menghidupkan kembali Poskamling yang di dalamnya ada Siskamling. Dengan mendisain peran dan fungsi siskamling yang prinsipnya berbasis masyarakat, yaitu yang awalnya untuk menjaga keamanan kampung di fungsikan untuk mencegah penularan melalui patroli keliling kampung saling mengingatkan antara lain membiasakan cuci tangan, sosial distanching,  Agar dengan dihidupkan kembali Siskamling, penyebaran Covid-19 bisa ditekan, berkurang, atau bahkan bisa hilang atau tidak  mewabah, dan masyarakat bisa hidup normal kembali, tidak dicekam wabah Covid-19.


Keywords


Covid 19, Keamanan, dan Polri

Full Text:

PDF

References


Alvin S. Jonson, Sosiologi Hukum, diterjemahkan oleh Rinaldi Simamora, cetakan ketiga, Jakarta: PT Rineka Cipta, Januari 2006.

Bryan A. Garnerm Editor In Chief, Black’s Law Dictionary, 1990 West Publishing Co.

David H. Bayley, Police For Future, Penyadur Jenderal (Purn) Kunarto, Ny. Khobibah M Arief Dimyati, Jakarta: PT Cipta Manunggal, 1998.

Hans Kelsen, Teori Umum tentang HUKUM dan NEGARA, diterjemahkan dari buku Hans Kelsen, General Theory of Law and Stater (New York: Rusel and Rusel, 1971), Penerjemah Raisul Muttaqien, Cetakan ke IV, Bandung, Penerbit Nusa Media.

Harsya W. Bachtiar, Ilmu Kepolisian, di cetak oleh PT Gramedia, Jakarta, Penerbit PT Grasindo, 1994.

Hotma P Sibuea, Azas Negara Hukum, Peraturan Kebijakan & Azas-Azas Umum Pemerintahan yang Baik, Penerbit Erlangga, 2010.

Mohammad Kemal Dermawan, Strategi Pencegahan Kejahatan, Cetakan ke 1, Bandung, Penerbit PT Citra Aditya Bakti, 1994.

Peter Mahmud Marzuki, Pengantar Ilmu Hukum, Edisi Pertama, Jakarta, Penerbit: Kencana Prenada Media Grup, 2008.

Satjipto Rahardjo, PENEGAKAN HUKUM, Suatu Tinjauan Sosiologis, Yogjakarta, Genta Publishing, 2009, cetakan pertama.

Satjipto Rahardjo, Teori Hukum, Strategi Tertib Manusia Lintas Ruang dan Generasi, Genta Publishing, Yogjakarta, 2010.

Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Cetakan ketigabelas, Jakarta, Penerbit: CV Rajawali, 1990.

Soerjono Soekanto, Beberapa Permasalahan Hukum Dalam Kerangka Pembangunan di Indonesia, Cetakan Keempat, Jakarta, Penerbit Universitas Indonesia (UI-Pres)

Stephen Schafer, The Political Criminal, New York, A Division of Macmilan Publishing Co, Inc, 1974.

Sutrisno, Sosiologi Kepolisian, Relasi Kuasa Polisi dengan Organisasi Masyarakat Sipil Pasca Orde Baru, Yayasan Pustaka Obor Indonesia, Jakarta, 2016.

Undang-Undang no 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid).

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar, dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-1




DOI: https://doi.org/10.31599/jkn.v6i2.453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Keamanan Nasional

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.