Pemahaman Moderasi Beragama dan Prilaku Intoleran terhadap Remaja di Kota-Kota Besar di Jawa Barat

Rabiah Al Adawiyah, Clara Ignatia Tobing, Otih Handayani

Abstract


Kota-kota besar di Jawa Barat seperti Bandung, Depok, dan Bogor kerap menjadi sorotan terkait persoalan toleransi kerukunan antar umat beragama. Dalam Indeks Kota Toleran yang dikeluarkan Setara Institute Tahun 2017 dan 2018 Kota Bandung meski telah beranjak dari posisi 83 (2017) ke 69 (2018) namun belum masuk dalam 50 kota teratas yang toleran. Sementara, Kota Depok dan Bogor dari posisi 90 dan 92 (2017) menjadi 88 dan 89 (2018). Depok dan Bogor masih masuk di sepuluh terburuk di Indonesia. Oleh karena itu, perlu penelitian lebih lanjut terutama terhadap kelompok remaja di kota-kota tersebut, karena remaja merupakan generasi tulang punggung masa depan bangsa dan negara. Penelitian ini akan menggambarkan pemahaman dan sikap remaja di kota-kota besar di Jawa Barat dalam moderasi beragama, dan korelasinya dengan perilaku intoleran. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif. Pertama, dilakkan perhitungan jumlah populasi populasi remaja SMA di 3 kota, yaitu Bandung, Bogor dan Depok. Lalu sampel populasi ditentukan menggunakan probability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada responden, data hasil yang diperoleh diuji validitas menggunakan rumus koefisien korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian diperoleh melalui analisis regresi logistik berganda. Tujuan dari hasil penelitian ini untuk mengetahui pemahaman dan sikap siswa menengah atas dalam moderasi beragama, pengaruh Pendidikan Agama, serta korelasinya terhadap sikap dan interaksi siswa dalam toleransi antar umat beragama di 3 kota besar di Jawa Barat

Keywords


Pendidikan, Moderasi, Intoleran, Remaja, Beragama

Full Text:

PDF

References


Fitriyani, “PLURALISME AGAMA-BUDAYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM”, Jurnal Al- Ulum 11, no. 2, (2011) https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/78

Budijanto, Oki Wahju, “PENGHORMATAN HAK ASASI MANUSIA BAGI PENGHAYAT KEPERCAYAAN DI KOTA BANDUNG”, Jurnal Hak Asasi Manusia 7, no. 1, (2016) https://ejournal.balitbangham.go.id/index.php/ham/article/view/69

Achmad, “PLURALISME DALAM PROBLEMA”, Jurnal Sosial Humaniora (JSH), no. 2 (2014) http://iptek.its.ac.id/index.php/jsh/article/view/588

“The 2018 Social Progress Index”, https://www.socialprogress.org/assets/downloads/resources/2018/2018-Social-Progress-Index-Exec-Summary.pdf

Setara Institute, “Indeks Kota Toleran”, http://setara-institute.org/indeks-kota-toleran-tahun-2018/

Huda, Achmad Zainal, “Melawan Radikalisme Melalui Kontra Narasi Online”, Journal of Terrorism Studies 1, No. 2 (2019) https://scholarhub.ui.ac.id/jts/vol1/iss2/1/

Nurcholish, Ahmad, Merajut Damai Dalam Kebinekaan. (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2017)

Tanzeh, Ahmad, Metode Penelitian Praktis, (Yogyakarta: Teras, 2011)

Abdurrohman, Asep, “EKSISTENSI ISLAM MODERAT DALAM PERSPEKTIF ISLAM”, Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no.2 (2018) http://jurnal.umt.ac.id/index.php/RausyanFikr/article/viewFile/671/450

Suharto,Toto, “Indonesianisasi Islam: Penguatan Islam Moderat dalam Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia”, Jurnal Pemikiran Islam Al-Tahrir, 17, no,1 (2017) http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/tahrir/article/view/803

Yahya, Fata Asyrofi, “Meneguhkan Visi Moderasi Dalam Bingkai Etika Islam: Relevansi dan Implikasi Edukatifnya”, Annual Conference for Muslim Scholarshttp://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/150

Ainiyah, Nur, “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Al-Ulum 13, no.1 (2013) https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/179

Arif, Mahmud, “Pendidikan Agama Islam Inklusif”, Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no.1 (2011)#http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/1110

Azizah,, Anisatul, Muslihudin Muslihudin,, Suteja Suteja, “ Orientasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam Kurikulum 2013 Perspektif Thomas Lickona”, Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 1, no.2 (2017) https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/tarbawi/article/view/1231

Wibowo, A.M, “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa melalui Mata Pelajaran PAI pada SMA Eks RSBI di Pekalongan”, Jurnal Analisa 21, no. 2 (2014) https://blasemarang.kemenag.go.id/journal/index.php/analisa/article/view/22

Wiyani, Novan Ardy, “Pendidikan Agama Islam Berbasis Anti Terorisme di SMA”, Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2013) http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/1128

Yunus, Yunus Arhanuddin Salim, “Eksistensi Moderasi Islam dalam Kurikulum Pembelajaran PAI di SMA” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (2018) http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/3622

Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2012)

Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013)

Noor, Juliansyah Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)




DOI: https://doi.org/10.31599/jkn.v6i2.470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Keamanan Nasional

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.